Hati-Hati Penerjemah Penipu!



Di zaman serba modern seperti saat ini tentunya kita tak bisa lepas dari yan namanya internet, namanya internet, dunia maya, dunia kabel, tak ada yang bisa benar-benar berkomunikasi langsung tanpa adanya sedikit trik-trik yang digunakan. Penipuan sering sekali terjadi di dalam dunia maya, apalagi jika anda termasuk orang yang awam dalam internet, sudah tentu akan dengan mudah terjerumus ke dalam penipuan yang benarbenar akan merugikan anda, serta bisa saja menyeret anda pada belitan hutang yang tak berujung.

Bahkan jika anda tengah membutuhkan jasa penerjemah bahasa Inggris sekalipun, tak menutup kemungkinan anda bisa mengalami penipuan. Karena di masa modern ini semua serba online, tak perlu ada bangunan fisik untuk bisnis saja tak apa, cukup memiliki bangunan online di internet maka usaha sudah bisa dilakukan. Akan tetapi ya itu dia, tak hanya jasa translate online jujur saja yang merajalela di internet, namun juga para penerjemah penipu yang mungkin tengah menunggu anda terjerumus ke dalam jebakan mereka.

Lantas bagaimana caranya agar anda tak terjerumus ke dalam jebakan para jasa penerjemah penipu? ada banyak sekali ciri-ciri jasa penerjemah yang menipu, dan sangat mudah untuk dilihat dan diamati jika anda jeli. Akan tetapi jika anda belum paham betul mengenai aneka macam jasa penerjemah yang menjadi penipu uang klien, ada baiknya anda mencermati beberapa ciri jasa penerjemah penipu di bawah ini, dan ciri-ciri di bawah ini juga berlaku untuk berbagai macam online shop atau website sejenis yang menawarkan bisnis tanpa modal dengan hasil yang berlipat ganda :

1. DOMAINNYA GRATISAN

Ciri pertam adari jasa translate bahasa Inggris penipu adalah menggunakan domain yang gratisan. Bisnisnya masih perlu dipertanyakan jika menggunakan domain gratis. Bagaimana kita bisa percaya jika situsnya gratisan? Jika ingin memiliki bisnis, sudah tentu harus memiliki modal bukan? modal untuk mendirikan bangunan, membeli produk, membayar pegawai dan ini itu. Begitu pula untuk bisnis jasa penerjemah. Jika website jasa penerjemah online yang anda pilih menggunakan domain gratisan, itu menunjukkan bahwa website jasa penerjemah online  tersebut tidak aman dan dapat dimatikan (di-non-aktifkan) kapan saja oleh penyedia domain gratis tersebut. Contoh layanan domain gratis yang sudah tidak aktif lagi: co.tv, cz.cc, fren.jp, dan sebagainya. Jika website/situs berbayar saja masih belum tentu bisa dipercaya, apalagi situs gratisan? Bisnis tanpa modal? Mana bisa dapat untung? kecuali jika si jasa penerjemah penipu itu memang memiliki niat buruk untuk menipu calon klien.


2. WHOIS DOMAINNYA PRIVATE/DISEMBUNYIKAN

Salah satu ciri jasa penerjemah yang terpercaya adalah terbuka dalam urusan info pribadi yang sifatnya umum, seperti nama lengkap, alamat rumah dan nomor telepon. Waspadalah jika informasi tentang kepemilikan domainnya (whois recordnya) disembunyikan/private. Yang berarti bahwa tidak ada yang bertanggung jawab atas domain tersebut, karena pemiliknya tidak berani menunjukkan identitasnya. Bagaimana bisa anda memilih untuk mempercayakan dokumen bahasa Inggris anda disana untuk diterjemahkan? jangan-jangan nanti anda malah buntung, karena dokumen hilang, terjemahan tak ada, uang honor sudah terlanjur dibayar, kan sayang sekali!


3. WEB HOSTINGNYA GRATISAN

Bisnis itu tidak aman jika menggunakan web hosting gratisan. Juga tidak stabil, tidak jelas kualitas, performance, atau uptime-nya. Layanan hosting gratis seperti ini bisa mati/dimatikan sewaktu-waktu oleh penyedianya. Contoh layanan free hosting yang sudah tidak aktif lagi: byteact.com, 000webhost.org, geocities.com, oh-rainbow.net, dan lain-lain. Maka dari itu anda harus banyak-banyak mencari info up to date mengenai hal sejenis ini, yakinlah, hal ini akan sangat berguna bagi anda dalam mencari rekan kerjasama di dunia maya.


4. IDENTITAS PEMILIKNYA TIDAK JELAS

Hati-hati jika tidak ada identitas yang jelas tentang pemilik website jasa penerjemah bahasa Inggris. Tidak ada yang bertanggung-jawab atas website/bisnis ini, jika anda akan komplain mengenai lamanya jasa penerjemah tersebut menerjemahkan dokumen anda, kemana? pada siapa? tahu-tahu anda tertipu saja!


5. HANYA DIKELOLA OLEH SATU ORANG

Bisnis yang besar dan wah dibangun oleh beberapa orang yang memiliki modal dan bergabung, termasuk website jasa penerjemah bahasa Inggris. Akan tetapi jika kita melihat website perseoranan ini kemungkinan berpotensi penipuan, karena hanya dikelola oleh satu orang. Jika terjadi sesuatu padanya (seperti: kecelakaan/sakit/mati) maka bisnis tersebut tidak bisa berjalan lagi, ini berpotensi scam terhadap pembeli yang membayar duluan tapi nyatanya dokumen terjemahan mereka tak jelas kabarnya.


6. ALAMATNYA TIDAK JELAS

Hindari bisnis online yang tidak memiliki alamat yang lengkap dan jelas. Jika ada alamat yang jelas setidaknya anda bisa melihat alamat tersebut nyata atau tidak, apakah benar alamat tersebut juga digunakan sebagai alamat untuk kantor penerjemah atau setidaknya lembaga bahasa.


7. TIDAK ADA NOMOR TELEPON LOKALNYA

Bisnis yang bisa dipercaya adalah jika memiliki nomor telepon lokal (sesuai alamatnya) yang bisa dihubungi. Nomor telepon adalah salah satu cara membuktikan jasa penerjemah bahasa Inggris itu nyata atau tidaknya.


8. TIDAK ADA FOTO PEMILIKNYA

Bisnis online lebih bisa dipercaya jika pemiliknya dapat/berani menunjukkan foto dirinya. Mereka pasti takut dikejar klien yang merasa tertipu. Akan tetapi jika mereka adalah jasa penerjemah yang terpercaya maka memasang foto tentunya bukan masalah yang besar, malah justru bagus untuk menunjukkan eksistensi si jasa penerjemah tersebut.


Semoga ciri-ciri yang telah dijelaskan di atas bisa membuat anda lebih paham mengenai website-website jasa penerjemah yang menipu. Akan tetapi ada banyak juga jasa penerjemah pemula yang masih menggunakan domain dan web hosting gratisan karena belum memiliki modal yang cukup, akan tetapi jika alamat dan identitas si pemilik website jasa penerjemah itu maka tak ada yang perlu anda khawatirkan.

Namun jika anda ingin lebih percaya lagi, carilah jasa penerjemah tersumpah. Karena mereka adalah jasa penerjemah profesional yang memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh negara. Mendapatkannya sangat sulit, sehingga sangat kecil kemungkinannya jika mereka akan melakukan penipuan karena konskuensinya adalah sertifikat mereka akan dicabut dan mendapatkan blacklist yang dampaknya sangat buruk bagi karir penerjemah tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Hati-Hati Penerjemah Penipu!