5 Alasan Malu Bicara Bahasa Inggris



Bahasa Inggris memang bukan bahasa yang asing lagi di kalangan akademisi dan pelajar, apalagi bagi para siswa dan siswi di kalangan sekolah besar dengan standar yang tinggi, berbahasa asing bukan menjadi hal aneh lagi. Setiap hari para mudir diwajibkan untuk bicara dua bahasa atau bilingual. Baik itu bahasa Indonesia - Inggris maupun bahasa Inggris, bahasa Indonesia dengan campuran bahasa asing lainnya.

Namun sekalipun bahasa Inggris sudah menjadi bahasa pengantar di berbagai sekolah, namun tetap saja banyak murid yang merasa ragu untuk bicara bahasa Inggris dengan jelas dan gamblang. Bukan hanya kurang jasa latihan, namun juga karena mereka seakan malas untuk membuka mulut dan mengucapkan berbagai macam percakapan bahasa Inggris.

Contohnya adalah saat para murid dihadapkan pada permainan peran, atau debat, bisa juga diskusi topik, dan masih banyak lagi, beberapa siswa, atau bahkan kebanyakan pasti malu-malu untuk mengekspresikan sudut pandang mereka. Ada beberapa alasan utama yang tentunya menjadi penyebab mereka bersikap seperti demikian, alasan utama tersebut dirangkum ke dalam penjelasan di bawah ini :

1.      Penyebab pertama dan utama yang membuat siswa tidak mau bicara bahasa Inggris di depan umum adalah karena mereka tak memiliki wawasan pada topic pembahasan. Bisa karena mereka belum menguasai betul materi bahasa yang akan dibicarakan, atau bisa juga karena ia tak memperhatikan. Disinilah jasa seorang tenaga pengajar dibutuhkan untuk membimbing si anak menjadi lebih paham dengan materi yang akan dibahas di depan kelas. Jasa pengajar diwajibkan untuk selalu sabar dan tenang saat mengajari siswa yang tak memperhatikan pelajaran, harus tahu sistem belajar yang seperti apa yang cocok dengan para murid, sehingga para murid akan tertarik untuk mengikuti pelajaran yang diberikan oleh jasa pengajar, menyerap pelajarannya dan mampu untuk bangkit berdiri serta menunjukkan pendapatnya.

2.      Ada juga siswa yang memiliki pendapat, namun ia merasa sangat khawatir dengan apa yang akan dikatakan oleh siswa lain, atau ia juga merasa sangat khawatir jika para siswa yang lain akan menyerangnya dengan kalimat yang tak enak, atau bahasa singkatnya diajak berdebat. Disini jasa pengajar juga yang harus mendominasi, jangan sampai ada debat yang melenceng dari konten materi yang tengah dibahas. Debat sebenarnya sangat berguna untuk membiasakan para murid bicara dengan bahasa asing sekalipun mungkin grammar mereka masih belum sempurna. Namun setidaknya mereka tak perlu lagi menggunakan jasa penerjemah online maupun jasa penerjemah offline seperti kamus setiap bicara bahasa Inggris karena mereka sudah mengenal kosakata lebih banyak berkat debat.


3.      Selain kedua alasn di atas, ada juga sisw yang tidak percaya diri untuk mengatakan apa yang mereka maksud. Jasa pengajar wajib menanamkan rasa percaya diri di dalam diri mereka agar mereka mampu tampil.

4.      Murid memiliki obsesi untuk menyatakan  pendapat mereka dalam bahasa asing yang fasih sama persis seperti dalam bahasa ibu mereka. Ini bagus, berarti si murid memiliki kemauan keras untuk belajar dan jasa pengajar bahasa harus benar-benar memahami kebutuhan belajar siswa yang seperti ini. Lakukan les privat khusus untuk mengembangkan kemampuan mereka.


5.      Persaingan antar murid, bisa jadi murid yang kurang fasih bahasa Inggris takut bersaing dengan murid yang bahasa asingnya jauh lebih baik. Sebagai jasa pengajar yang baik jadilah penengah yang mampu membuat kedua belah pihak murid merasa diperhatikan dan didorong untuk maju.

Untuk menumbuhkan semangat belajar bahasa yang lebih baik, seorang jasa pengajar bisa mengajak murid-muridnya untuk belajar menjadi seorang jasa penerjemah amatir. Ajak para murid bermain peran sambil belajar menjadi seorang jasa penerjemah. Terjemahkan berbagai artikel pendek dalam bahasa asing , kemudian susun lagi ke dalam bahasa sasaran. Disitu kita bisa melihat bakat si anak untuk menjadi jasa penerjemah bahasa Inggris.

Bisa juga kita menceritakan kesempatan bekerja yang memiliki masa depan cerah sebagai seorang jasa penerjemah tersumpah untuk lebih memacu semangat mereka belajar. Menjadi seorang jasa translate bahasa Inggris adalah kebanggaan, juga menjadi gerbang menuju kemakmuran hidup. Karena seorang jasa penerjemah tersumpah yang menjadi jasa penerjemah online maupun jasa penerjemah offline akan mendapatkan honor penerjemahan dengan jumlah yang cukup besar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Alasan Malu Bicara Bahasa Inggris