Dimana Kita Bisa Mencari Info Jasa Penerjemah?


Jika ingin menerjemahkan sebuah dokumen dalam bahasa asing, sudah tentu kita harus mengetahui jasa penerjemah yang sesuai dengan selera kita. Kenapa harus sesuai dengan selera kita? karena ada kalanya kita tertarik membaca sebuah artiel atau bahkan dokumen sekalipun karena membaca cara penulisannya, tergantung bagaimana selera kita. Maka dari itu pada saat diskusi kerjasama bersama dengan jasa penerjemah online yang akan kita percayakan dokumen bahasa asing, kita bisa mengatakan jenis atau tipe penulisan seperti apa yang kita inginkan, agar nantinya pada saat penyerahan hasil terjemahan oleh si jasa penerjemah bahasa Inggris kita tak perlu merasa kurang puas lagi. Lantas bagaimana cara untuk mendapatkan seorang jasa penerjemah yang baik?

Walaupun jasa translate bahasa Inggris itu bukan hal yang asing di antara masyarakat, namun tetap saja pada umumnya masyarakat sekitar kita tidak terlalu mengetahui di mana tempat mencari penerjemah dan bagaimana pula cara untuk mendapatkan penerjemah yang terbaik.

Sebenarnya jika ingin mencari jasa penerjemah bahasa Inggris, atau jasa translate online sekalipun, sangat mudah karena ada banyak sumber untuk mendapatkan tenaga-tenaga penerjemah yang berkualitas dengan tarif yang bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita, berikut adalah media yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai jasa penerjemah, baik itu penerjemah lisan, jasa penerjemah tertulis maupun juga jasa penerjemah online:

- Iklan di ragam Media Massa
- Rekomendasi dari kenalan, misalnya saudara, teman, sahabat dan juga keluarga yang pernah menjadi klien atau pengguna dari jasa penerjemah
- Rajin mengunjungi milis penerjemah pun bisa menjadi sarana info terbaik untuk mendapatkan jasa penerjemah yang terpercaya. Milis penerhemah itu contohnya seperti Bahtera, Proz.com
- Yang terakhir dan yang paling terpercaya adalah mencari penerjemah di website Organisasi Profesi: Himpunan Penerjemah Indonesia

Lantas bagaiamana jika kita sudah menemukan jasa penerjemah yang kita butuhkan, dan mereka berada dalam satu agensi penyedia jasa penerjemah, sudah tentu kita bisa dibuat bingung dengan banyaknya pilihan jasa penerjemah yang ditawarkan oleh si agensi. Berikut adalah cara untuk mencari jasa penerjemah yang paling tepat : 

Referensi: Nama baik atau reputasi dari seorang penerjemah akan terlihat dari jumlah klien yang bisa menjadi  acuan atau testimoni bagi para calon kliennya untuk menggunakan jasanya. Itu sangat membantu jika  Anda tengah menghadapi  pilihan membingungkan dari jasa penerjemah, antara memilih biro atau perorangan. Akan jauh lebih baik jika anda mencari keputusan yang paling baik dengan teman atau saudara. karena seperti biasanya pengambilan keputusan akan jauh lebih cepat dan akan mudah diambil jika Anda memiliki teman atau saudara yang pernah menggunakan jasa salah satu jasa penerjemah tersebut dan menyatakan jika mereka puas dengan hasil terjemahan jasa translate bahasa Inggris mereka.

Sertifikasi: Ada macam-maca jenis sertifikasi, seorang jasa penerjemah tersumpah tentunya memiliki salah satu sertifikat yang menunjukkan kredibilitas mereka sebagai seorang jasa penerjemah yang profesional. Sertifikasi di Indonesia yang dapat dianggap cukup mewakili keterampilan profesi penerjemah, antara lain sertifikat Tes Sertifikasi Nasional (TSN) yang diterbitkan oleh Himpunan Penerjemah Indonesia (HPI) dan sertifikat Ujian Kualifikasi Penerjemah (UKP) yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa Internasional (LBI). 

Namun ada juga beberapa sertifikasi internasional yang terpercaya dan juga dikeluarkan oleh lembaga-lembaga penyelenggara ujian sertifikasi untuk para penerjemah seperti misalnya adalah NAATI dan juga AUSIT di Australia dan kemudian juga ATA di Amerika.

Contoh Terjemahan dan Pengujian: Misalnya tak ada satu pun dari dua syarat di atas yang dimiliki oleh seorang jasa penerjemah, maka anda berhak untuk meminta si jasa penerjemah untuk menunjukkan contoh hasil terjemahan yang pernah ia terjemahkan untuk kliennya serta  bahan aslinya sebagai perbandingan. 

Sekalipun si penerjemah yang anda ketahui dari referensi kenalan sekalipun  disarankan untuk diuji terlebih dahulu. Cara mengujinya adalah dengan memberikan beberapa halaman awal dari teks atau dokumen yang akan diterjemahkan, hal ini sangat wajar di kalangan jasa penerjemah amatir mauoun profesional sekalipun. Dengan melakukan tes kecil seperti ini anda akan bisa menilai sendiri sudah cocokkah kecepatan dan mutu dari kerja  si jasa penerjemah yang Anda seleksi ini, apakah  memuaskan atau cukup memenuhi harapan Anda atau bisa juga tidak sama sekali.  Selain kepercayaan dan pengecekan kualitas nyata si jasa penerjemahan, tes ini nyatanya sangat ampuh untuk menyepakati pemilihan istilah dan gaya bahasa si penerjemah saat menerjemahkan.

Kontrak Penerjemah: Setelah menemukan jasa penerjemah tersumpah profesional yang sesuai dengan kebutuhan dan selera anda, segera siapkan kontrak yang akan mengikat kedua pihak dalam kerjasama projek terjemahan ini. Anda bisa mengatur soal tenggat waktu, mutu dari pekerjaan atau kualitas terjemahan, honor jasa penerjemah yang akan dibayar, termasuk cara pembayaran dan sanksi jika salah satu pihak melanggar, dsb.

Namun jika anda merasa mencari jasa penerjemah sendiri ternyata sangat repot, maka anda tak perlu sulit-sulit untuk mencari jasa penerjemah yang terpercaya dan bisa diandalkan. Cukup percayakan dokumen anda pada jasa penerjemah profesional kami dan dapatkan terjemahan terbaik dengan kualitas terjamin dan tarif yang terjangkau.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dimana Kita Bisa Mencari Info Jasa Penerjemah?